Desain Rumah dengan Autocad |
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang Masalah
Seiring
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang komputer dan informasi
yang semakin pesat, demikian juga dalam bidang menggambar dengan komputer yang dituntut
untuk semakin canggih dan semakin detail dalam menggambarkan objek.Oleh karena
itu,diperlukan suatu program untuk membantu pembuatan objek yang lebih canggih
lagi. Mengingat permasalahan yang dihadapi semakin sulit dan kompleks dalam
pembuatan objek,maka diperlukan alat bantu yang dapat mempercepat dan
mempermudah pekerjaan tersebut.Selain itu,alat bantu tersebut harus memiliki
ketelitian dan ketepatan yang tinggi sehingga objek yang dirancang lebih
realistik.
Untuk
memenuhi kebutuhan tersebut,perusahaan software mengeluarkan produk AutoCad
2011(Automatic Computer Aided Design) yaitu suatu program perancangan gambar 3D
yang dilengkapi dengan perintah-perintah yang terorganisir sehingga mudah
digunakan untuk membuat desain produk,bangunan maupun objek lain yang lebih
realistik.Khususnya dalam pembuatan desain bangunan yang membutuhkan ketelitian
dan kedetailan yang tinggi.
1.2
Rumusan
Masalah
Á
Mengapa
menggunakan AutoCad 2011?
AutoCad
2011 merupakan suatu program yang digunakan untuk membuat desain
produk,bangunan,objek dan lain-lain dengan penggambaran/pemodelan 2 dimensi maupun 3 dimensi.AutoCad 2011 ini
merupakan program penggambaran/pemodelan 3 dimensi yang terbaru yang
dikeluarkan oleh Autodesk.Oleh karena itu, AutoCad 2011 lebih canggih
dibandingkan dengan AutoCad versi- versi sebelumnya.Hal ini didukung dengan
adanya tool penggambaran 3 dimensi yang lebih lengkap dan lebih terorganisir
sehinggga lebih mudah untuk digunakan.Dengan adanya pengelompokan
perintah-perintah tersebut, maka pengguna lebih nyaman dan lebih cepat saat
bekerja dengan AutoCad 2011 tanpa harus menghafalkan perintah-perintah yang
akan digunakan.
Keunggulan
lain dari AutoCad 2011 antara lain kedetailan gambar dan warnanya lebih akurat
dan efisien dibandingkan dengan AutoCad versi sebelumnya.Selain itu,desain yang
dihasilkan lebih realistik karena adanya aplikasi material yang lebih lengkap
serta adanya aplikasi rendering dan cahaya yang lebih baik.Dengan membuat objek
dalam bentuk 3 dimensi maka desain yang dihasilkan baik desain produk maupun
desain bangunan akan terlihat lebih jelas dan detail dibandingkan hanya dalam
bentuk 2 dimensi saja.
AutoCad
2011 juga menyediakan workpace yang lebih lengkap dibandingkan AutoCad
versi-versi sebelumnya.Ada 2 jenis workpace untuk penggambaran 3 dimensi yaitu
workpace 3D Basic dan Modeling.Dalam 3D Basic disediakan kumpulan perintah
untuk penggambaran 3D sederhana.Sedangkan dalam workpace 3D Modeling terdapat
kumpulan perintah untuk tujuan penggambaran yang lebih kompleks.
Á
Pengenalan
AutoCad 2011
AutoCad
(Automatic Computer Aided Design) merupakan salah satu
program yang digunakan untuk mendesain /merancang objek dalam bentuk 2D maupun
3D.AutoCad banyak digunakan untuk tujuan visualisasi pemodelan
produk,bangunan,objek dan lain-lain.Penggambaran objek menggunakan AutoCad 2011
lebih mudah dibandingkan versi-versi sebelumnya karena AutoCad 2011 telah
mengelompokkan sejumlah perintah dan tool yang lebih terorganisir sehingga
lebih mudah saat digunakan.
Langkah-langkah
untuk memulai program AutoCad 2011 :
1. Klik
tombol Start
2. Pilih
AutoCad 2011 Muncul
tampilan kotak dialog Welcome Screen
3. Hilangkan
tanda aktif Show this dialog at startup
jika ingin kotak dialog Welcome Screen
tidak ditampilkan saat membuka program AutoCad 2011.Kemudian klik tombol Close
pada tepi kanan atas area kerja.
1. Atau
jika pada layar Dekstop Windows sudah terdapat shortcut program AutoCad
2011,maka tinggal klik ganda shortcut tersebut.Sehingga muncul area kerja
AutoCad 2011.
Á
Tampilan
Layar AutoCad 2011
Setelah
membuka AutoCad 2011 dengan cara yang telah dijelaskan sebelumnya,maka akan
muncul area kerja AutoCad 2011.Berikut ini adalah area kerja serta
komponen-komponen yang ada pada AutoCad 2011 antara lain :
Keterangan :
Á
Workpace
AutoCad 2011
Workpacemerupakan
Layout layar kerja pada AutoCad 2011 yang terdiri dari
Ì
2D Drafting & Annotation (workpace untuk melakukan penggambaran 2D)
Ì
3D Basics (workpace
untuk penggambaran 3D)
Ì
3D Modeling (workpace
untuk penggambaran lanjutan 3D )
Ì
AutoCad Classic (Workpace
yang menampilkan layar lama dari AutoCad)
Á
Standart Toolbar
Berisi
perintah-perintah sebagai berikut:
Á
New
:untuk membuat lembar kerja baru
Á
Open
:untuk membuka file yang telah
tersimpan di dalam dokumen
Á
Save :untuk
menyimpan file ke dalam dokumen
Á
Save as :untuk menyimpan
ulang dengan nama file yang berbeda
Á
Print
:untuk mencetak objek yang sedang
aktif
Á
Undo
:untuk membatalkan suatu perintah
yang telah dijalankan
Á
Redo :untuk
membatalkan perintah yang telah dijalankan oleh redo
atau
mengulangi kembali proses terakhir yang pernah
dibatalkan
Á
Menu Bar (Baris Menu)
berisi berbagai menu yang dipisahkan dalam beberapa
kelompok dan tersusun secara pulldown.
Á
Title Bar (Baris Judul)
Menampilkan program ,lokasi dan nama file yang
sedang aktif.
Á
Minimize
Digunakan untuk menyimpan lembar kerja di taskbar.
Á
Restore
Menampilkan lembar kerja dalam ukuran sedang.
Maximize
Menampilkan lembar kerja dalam ukuran maksimal/atu
layar penuh.
Á
Close
Digunakan untuk keluar dari program AutoCad 2011
Á
Ribbon Bar
Berisi perintah-perintah yang telah dikelompokkan
berdasarkan kategorinya.
Á
Navigation Palette
Berisi perintah-perintah yang berhubungan dengan
tampilan layar seperti zoom,pan ,dan orbit.
Á
Command Line
Merupakan area di dalam AutoCad yang digunakan untuk
menjalankan perintah yang diketik.Selain itu,juga berfungsi sebagai media
informasi hasil pengerjaan sebuah perintah.
Á
Status Bar
Berisi mengatur
fungsi-fungsi khusus grid,snap, ortho, dan lain-lain.
Á
Papan Taskbar
Digunakan untuk menyimpan program yang sedang aktif.
Á
UCS Icon
Merupakan simbol penunjuk arah penggambaran.Dalam
gambar 2D Bidang horizontal diwakili oleh sumbu X dan bidang vertical diwakili
oleh sumbu Y.Sedangkan untuk tampilan 3D terdapat sumbu X,Y dan Z.
Á
Graphic Window
Tempat untuk menggambar objek.
Á
ViewCube
Fitur ini berfungsi untuk mengubah titik pandang objek
secara cepat dan instan dengan mengklik langsung pada sisi yang diinginkan dari
kotak ViewCube yang ada di sisi kanan atas layar.
Langkah-langkah
untuk menutup program AutoCad 2011:
1.klikmenu file Close
Atau tekan
tombol(Ctrl + W)
1.1
Batasan
Masalah
Dalam
pembuatan desain rumah menggunakan AutoCad 2011 tentunya komputer yang akan
digunakan untuk membuat desain rumah tersebut harus sudah terinstal program
AutoCad 2011.Selain itu,komputer harus memenuhi spesifikasi minimum system yang
dibutuhkan untuk menjalankan AutoCad 2011 diantaranya Processor Intel Pentium 4
atau Processor AMD Athlon 64 dengan Dual-Core Processor 3 GHz, Microsoft
Windows XP Service pack 3, Windows Vista Home Premium, Business, Ultimate ,Or
Enterprise With Service Pack 1(Service Pack 2 Recommended) Atau Windows 7
dengan RAM 2GB.Selain itu dibutuhkan Space Harddisk kosong 2 GB untuk
instalasi.Elemen lain yang harus ada yaitu DVD-ROM drive yang akan digunakan
untuk proses instalasi program,resolusi monitor 1024 x 768 atau 1280 x 800 akan
lebih baik.
Di
dalam makalah ini penulis akan membahas bagaimana cara untuk membuat desain
rumah dengan menggunakan AutoCad 2011,Selain itu dijelaskan pula cara dan
teknik-teknik mudah membuat desain rumah dalam bentuk 2 dimensi maupun 3
dimensi.Mengenalkan area kerja dan perintah-perintah serta tool-tool yang
digunakan untuk menggambar objek.Selain itu, juga mengenalkan material yang umum digunakan
serta menyiapkan gambar sebelum diberi efek rendering dan cahaya agar objek
lebih terlihat realistik.
1.4 Cara
Menggunakan Perintah padaAutoCad 2011
AutoCad 2011
menyediakan sejumlah metode untuk memanggil dan menjalankan perintah-perintah
yang ada di dalamnya.Ada dua metode yang umum digunakan yaitu:
Á
Mengetik Perintah
Metode pertama
dengan mengetik perintah yang diinginkan pada baris perintah (command
line).Keunggulan dalam metode ini diantaranya bisa lebih cepat penggambaran
dalam AutoCad jika dibandingkan dengan
metode yang kedua.Sedangkan kelemahannya harus hafal perintah-perintah yang ada
pada AutoCad yang jumlahnya cukup banyak.
Á
Menggunakan Toolbar
Metode yang
kedua yaitu dengan mengklik toolbar yang ada pada ribbon bar.Dengan menggunakan
toolbar relatife lebih mudah dipergunakan karena perintah-perintah yang ada
diwakili dalam bentuk toolbar bergambar sehingga tidak perlu
menghafalnya.Toolbar-toolbar tersebut telah dikelompokkan berdasarkan
kategorinya sehingga lebih mudah dicari.Kelemahan menggunakan metode
ini,diantaranya cukup kesulitan saat mengakses perintah secara
bergantian,karena dalam proses penggambaran AutoCad sering berganti perintah
satu ke perintah yang lain dan tampilan satu ke tampilan yang lain sehingga
membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan metode yang pertama.
BAB II
MEMBUAT OBJEK
DASAR
Sebelum memodifikasi objek dasar menggunakan AutoCad,
terlebih dahulu membuat objeknya menggunakan toolbar berikut ini:
Í
Draw Toolbar
Digunakan untuk
membuat objek dalam bentuk 2 Dimensi,yang termasuk ke dalam toolbar ini
diantaranya :
Polyline Tool :digunakan
untuk membuat objek garis.Objek garis yang
terbentuk menjadi satu kesatuan yang utuh.
Line Tool : digunakan untuk membuat garis.
Ellipse Tool :perintah untuk membuat objek
lonjong
Polygon Tool :digunakan
untuk menggambar segi banyak dengan sisi yang
beraturan jumlahnya.Polygon ini dapat menggambar objek
dari segi 3-1024 sisi beraturan
Rectangle Tool :membuat objek persegi dan persegi panjang.
Arc Tool :untuk membuat objek busur
Di dalam AutoCad 2011 terdapat 11 macam metode pembuatan
objek busur diantaranya:
Gambar
1.3 Jenis-jenis Arc Tool
Circle Tool : untuk membuat objek lingkaran.
Ada
4 metode pembuatan objek lingkaran,yaitu
Gambar 1.4
Metode pada Circle Tool
Untuk membuat objek lingkaran
terdapat 4 cara/metode yang dapat digunakan yaitu :
` center radius point (titik pusat)
Metode pertama yaitu dengan menentukan titik pusat sebagai dasar pembuatan
objek lingkaran.Besar lingkaran dapat ditentukan dengan nilai radius.
` Center diameter
Metode pertama yaitu dengan menentukan titik pusat sebagai dasar pembuatan
objek lingkaran.Besar lingkaran dapat ditentukan dengan nilai diameter.
` 3 point(tiga titik)
Metode kedua adalah dengan menentukan tiga titik untuk membuat lingkaran
` 2 point(dua titik)
Metode ketiga dengan menentukan dua titik untuk membuat lingkaran
` TTR (tangent-tangent-radius)
Metode keempat
yaitu dengan membuat lingkaran yang berhimpit diantara dua buah objek.
BAB III
MEMODIFIKASI
OBJEK
a.
Modifikasi Objek 2D
Di dalam AutoCad 2011
terdapat objek 2D dan 3D.Untuk memodifikasi
objek 2D yang ada pada AutoCad 2011 menggunakan toolbar berikut ini :
Í Modify Toolbar
Trim Tool :untuk memotong objek yang
bersilangan
Extend Tool :perintah untuk memanjangkan objek.Perintah ini
adalah
Kebalikan dari perintah Trim Tool.
Join Tool :digunakan
untuk menggabungkan objek yang terpisah
menjadisebuah
objek tunggal
Copy Tool :digunakan untuk
menggandakan/memperbanyak objek
Rotate Tool :perintah untuk merotasi objek
Mirror Tool :digunakan untuk mencerminkan objek berdasarkan
garis pencerminan
Move Tool :digunakan untuk memindahkan objek
dari posisi awal ke
posisi
yang dikehendaki tanpa merubah ukuran
Fillet Tool :digunakan untuk membuat sudut tumpul pada ujung
segi
empat
dengan radius tertentu
Chamfer Tool :salah satu fasilitas yang digunakan
untuk mrmbuat sudut
dengan
kemiringan tertentu pada segi empat.
Offset Tool :perintah
yang digunakan untuk menggandakan suatu
garis/objek
dengan jarak tertentu sesuai dengan jarak
yang
diinginkan .
Scale Tool :digunakan untuk merubah objek baik
diperbesar atau
diperkecil
Array Tool :perintah untuk menggandakan objek dalam jumlah yang
banyak
(multiple copies).Ada dua metode memperbanyak
objekyaitu
secara baris dan kolom (rectangular array) dan
memperbanyak
secara melingkar (polar array)
Erase Tool :perintah untuk menghapus atau
menghilangkan suatu
objek
yang tidak lagi diperlukan,baik satu objek atau lebih.
Break Tool :digunakan untuk memotong suatu
objek dengan
menggunakandua
buah titik.
Explode Tool :untuk memecah /menguraikan obyek
yang awalnya bersifat
polyline
sehingga tidak lagi menjadi sebuah kesatuan
rangkaianobjek
Pedit :perintah untuk mengedit
polyline.Perubahan yang bisa
dilakukan
diantaranya mengubah ketebalan garis,merubah menjadi
smooth.Selain itu,perintah ini juga berfungsi untuk mengubah
objek yang bukan polyline menjadi satu rangkaianutuh
objek polyline.
Í Modifikasi
Vertex
Memodifikasi
objek menggunakan vertex dapat dilakukan secara langsung tanpa menggunakan
perintah apapun yaitu dengan memodifikasi secara langsung pada vertex objek.
a.
Konsep Dasar 3D
Setiap objek 3D
yang dibuat biasanya dikelompokkan dalam
enam sudut pandang yang berbeda.Hal ini dapat mempermudah saat pembuatan dan
pengeditan objek yang dibuat.Tampilan tersebut diantaranya:
Gambar
1.5 Pilihan Tampilan Area Kerja
Ì
Top
View :menampilkan
area kerja dengan tampilan tampak atas
Ì
Bottom
View :menampilkan
area kerja dengan tampilan tampak bawah
Ì
Left
View :menampilkan
area kerja dengan tampilan tampak
samping kiri
Ì
Right
View :menampilkan
area kerja dengan tampilan tampak
samping kanan
Ì
Front
View :menampilkan
area kerja dengan tampilan tampak depan
Ì
Back
View :menampilkan
area kerja dengan tampilan tampak
Belakang
Ì
Isometric :menampilkan
area kerja dengan tampilan 3 dimensi
a.
Modifikasi Objek 3D
Sedangkan
untuk memodifikasi objek 3D mengunakan toolbar sebagai berikut :
Á Surface Modeling
Merupakan
salah satu teknik pemodelan di dalam AutoCad.Modeling, umum digunakan dalam
dunia 3D untuk menyatakan aktivitas penggambaran 3D.Surface Modeling pendekatannya
lebih kepada permukaan objek (kulit).
3D Rotate Tool :untuk
merotasi objek 3 dimensi
3D Move Tool :untuk
memindahkan objek 3 dimensi
3D Scale Tool :perintah
untuk memperbesar atau memperkecil objek 3D
Box Tool :digunakan
untuk membuat objek kubus maupun balok.
Cylinder Tool :perintah
yang digunakan untuk membuat objek tabung.Input
yang
diperlukan yaitu koordinat pusat alas tabung,radius atau
diameter
alas dan tinggi tabung.
Cone :untuk membuat objek kerucut.Input yang diperlukan
yaitu
radius alas dan tinggi kerucut.
Sphere Tool :digunakan untuk membuat objek bola.Hal yang perlu
ditentukan yaitu koordinat pusat bola serta radius
atau diameter
lingkaran.
Pyramid Tool :untuk
membuat objek yang berbentuk piramid
Torus Tool :membuat objek yang menyerupai cincin.
Extrude Tool :perintah
untuk menebalkan objek.Syarat agar objek tersebut
dapat ditebalkan diantarana objek harus merupakan
sebuah
objek
tertutup.Objek tersebut dapat berupa objek
garis,busur,lingkaran,atau
polyline.
Loft Tool :perintah untuk membentuk objek 3D dari susunan
beberapa
penampang.
Revolve Tool :perintah
untuk membuat benda putar 3D.Diperlukan objek
potongan dari benda putar yang akan dibuat.
Sweep Tool :perintah untuk membuat objek 3D dari kurva
penampang dn
garis kurva pembentuk.
Á Solid Modeling
Merupakan
salah satu teknik pemodelan di dalam AutoCad.Modeling, umum digunakan dalam
dunia 3D untuk menyatakan aktivitas
penggambaran 3D. Dalam solid modeling pendekatan pemodelannya diibaratkan
melakukan pahatan pada benda padat.
Subtract Tool :perintah
yang berfungsi untuk memotong objek 3D
Cara kerjanya adalah dengan memotong objek memakai
sebuah objek
lain yang berfungsi sebagai pemotong.
Union Tool :perintah untuk menggabungkan dua atau lebih objek
3D
menjadi satu kesatuan objek.
Intersect Tool :perintah
untuk melakukan pemotongan terhadap 2 buah objek
yang saling berpotongan sehingga yang tersisa dari
proses
pemotongan
adalah bagian dari kedua objek yang saling
berpotongan
tersebut.
BAB IV
TRANSFORMASI 3
DIMENSI
a.
Sistem
Koordinat pada AutoCad 2011
AutoCad 2011 menggunakan sistem
koordinat 2D dan 3D.Dalam sistem koordinat 2D fokus penggambaran objek
dilakukan pada ruas sumbu X dan sumbu Y.Sumbu X berada pada bidang horizontal,
sedangkan sumbu Y berada pada bidang vertikal.Pertemuan kedua sumbu tersebut
disebut dengan titik asal yang nilainya 0,0.Sistem koordinat ini disebut juga
system koordinat kartesius.
Sistem koordinat yang lain yang
menggunakan koordinat 2D yaitu system koordinat polar.Koordinat polar disebut
juga koordinat kutub.Koordinat ini digunakan untuk menentukan titik berikutnya
dari titik saat ini dengan menentukan jarak dan sudut.Jarak adalah nilai yang
dimasukkan sebagai jarak penempatan titik berikutnya dari titik saat ini.Sedangkan
sudut adalah arah penempatan titik.Satuan baku untuk nilai sudut yaitu
derajat.Koordinat Relatif merupakan system koordinat yang menggunakan prinsip
pemasukan nilai panjang (x) dan lebar (y) sebagai penentuan titik
berikutnya.Panjang merupakan jarak titik untuk bidang horizontal.Lebar yaitu
jarak titik untuk bidang vertical.
Sistem Koordinat 3D adalah pengembangan
dari system koordinat 2D,dimana selain sumbu X dan sumbu Y yang menjadi dasar
system koordinat ditambah lagi satu sumbu yaitu sumbu Z. Sumbu Z berfungsi
sebagai penentu ketinggian objek yang dibuat.
Sistem Koordinat yang terdapat pada
Sistem Koordinat 3D antara lain :
Á
Konsep WCS (World Coordinate System)
Merupakan sistem
koordinat yang dipakai sebagai dasar,dimana untuk sumbu X arahnya pada bidang
horizontal,sumbu Y pada bidang vertical,sedangkan sumbu Z pada bidang level.
Á
UCS (User Coordinate System)
Saat melakukan
pengaturan dan pembuatan objek,akan lebih mudah jika arah sumbu koordinatnya
diubah sesuai kebutuhan.Untuk merubahnya digunakan perintah UCS yaitu dengan
memutar sumbu koordinat X,Y atau Z.
F
UCS Sumbu X
UCS Sumbu X merupakan
teknik untuk merotasi objek terhadap sumbu X
yaitu dengan memasukkan nilai rotasi positif menyebabkan bidang XY
berputar ke arah luar, dan negative kearah dalam.
F
UCS Sumbu Y
UCS Sumbu Y merupakan
cara untuk merotasi objek dengan sumbu Y sebagai arah acuannya.Memasukkan nilai
rotasi positif menyebabkan bidang XY berputar kea rah dalam sedangkan negative
ke arah luar.
F
Dynamic UCS
Apabila dynamic
UCS diaktifkan maka secara otomatis AutoCad akan mengubah bidang dari objek
yang dibuat tanpa perlu mengubah orientasi dari UCS secara manual.Oleh sebab
itu dynamic UCS ini lebih mudah dan lebih cepat digunakan.
b.
Tool
Pelengkap
1.
Osnap
Osnap
adalah perintah untuk memilih dan mengaktifkan objek snap (osnap) secara
otomatis.Dengan perintah ini pembuatan dan pengeditan objek akan lebih mudah
dan tepat.Berikut ini adalah jenis-jenis objek snap yang terdapat dalam AutoCad
2011 :
Ì
Endpoint :untuk mendapatkan
titik ujung garis atau busur
Ì
Midpoint :untuk mendapatkan titik
pusat garis atau busur
Ì
Center :untuk mendapatkan
titik pusat lingkaran atau busur
Ì
Quadrant : mendapatkan titik quadrant
lingkaran,busur atau garis
Ì
Intersection : mendapatkan titik
perpotongan dua objek
Ì
Insertion : mendapatkan titik
penempatan objek teks
Ì
Perpendicular : mendapatkan titik tegak lurus 900
objek
Ì
Tangent : mendapatkan titik
singgung lingkaran atau busur
Ì
Nearest : mendapatkan titik
terdekat objek dari saat melakukan klik
Ì
Node : mendapatkan titik
penempatan objek point
Ì
Extention :digunakan untuk
menampilkan garis bantu ketika melewati
Titik
sebuah garis
Ì
Apparent
:
mendapatkan titik perpotongan dua objek dalam bentuk
Intersection 3D
Ì
Parallel :digunakan untuk
membantu garis parallel sejajar
terhadapgarisyang
dituju
1.
Text
dan Style
Teks adalah perintah untuk membuat objek teks dalam
AutoCad 2011.Sedangkan Style merupakan perintah untuk mengatur tipe huruf objek
teks.
2.
Mtext
Merupakan perintah
untuk membuat objek teks multiline.Pembuatan objek teks pada perintah ini
relative lebih mudah karena disajikan ribbon bar Text di Editor yang di
dalamnya terdapat toolbar untuk mengganti tipe huruf,tinggi huruf,symbol,cek
grammar,dan masih banyak lagi.
1.
Hatch
Hatch
adalah perintah untuk membuat arsiran.
Gambar 1.9 Tampilan Hatch Tool
2.
Dimention
Dimention digunakan untuk mengetahui ukuran pada
objek,baik objek 2 dimensi maupun objek 3 dimensi.
BAB V
DESAIN RUMAH
Langkah
-Langkah Membuat Desain Rumah
1. Langkah pertama yang harus
dilakukan untuk membuat desain rumah adalah dengan membuat denah rumah dalam
bentuk 2D,caranya:
H Buka
AutoCad 2011 dengan cara klik tombol StartèAutoCad 2011
H Tampilkan lembar kerja
dengan tampilan tampak atas yaitu dengan klik menu ViewèTop
H Kemudian
pada Tab Menu Home klik Rectangle tool,klik
pada lembar kerja AutoCad 2011 kemudian tentukan ukuran persegi panjang 900 x 1500 mm.
Klik Line tool untuk membuat garis lurus seperti
gambar berikut
H Klik
Offset tooluntuk menggandakan suatu
garis/objek dengan jarak tertentu sesuai dengan jarak yang diinginkan.Kemudian
tentukan jarak offsetnya 10 cm dan
tekan Enter.Setelah itu,pilih objek
garis yang akan digandakan,tekan Enter.
Lakukan perintah offset untuk semua garis yang terdapat pada lantai 1 dan 2,seperti
gambar di bawah ini :
Gambar
2.2 Lantai 1 Gambar
2.3 Lantai 2
H Setelah
itu,buat objek pintu dalam bentuk 2 dimensi caranya :
Ø klikLine Tool dan buat objek garis dengan
ukuran 80 cm.
Ø Kemudian klik Rectangle Tool untuk membuat objek
persegi panjang dengan ukuran 7 cm x 10 cm dan letakkan di ujung garis bagian
atas.
Ø Setelah
itu,klikArc tool untuk membuat objek
busur di dalam AutoCad.
Ø Klik
titik awal untuk objek busur kemudian tentukan titik akhirnya dan tentukan
radius busur tersebut sehingga terbentuk objek seperti gambar berikut ini:
Gambar 2.4Objek Busur
H Kemudian klik copy tool untuk memperbanyak objek dan gunakan
rotate tool
untuk merotasi objek sehingga
terbentuk objek pintu dalam bentuk 2 dimensi seperti gambar sebagai berikut:
Gambar 2.5
Bentuk pintu 2 dimensi pada denah lantai 1
H Ulangi
perintah Copy dan Rotatetersebut untuk membuat semua
pintu di lantai 1 dan 2.
H Langkah selanjutnya
yaitu membuat layer.Layer merupakan lapisan yang digunakan untuk menempatkan
gambar /objek secara terpisah.Dengan demikian manajemen gambar menjadi lebih mudah.Untuk
membuat layer baru caranya :
Ø Kliktab Menu Homeèpilih Layer Sehingga muncul kotak dialog Layer Properties Managerseperti gambar berikut ini.
Gambar
2.6 Tampilan Kotak Dialog Layer Properties Manager
Ø Kemudian klik New Layer (Alt+N) untuk membuat layer baru.Buat layer
baru dengan nama“denah 2D”.
Gambar
2.6 Tampilan Kotak Dialog Layer Properties Manager
Ø Klik Set
Current (Alt+C) ,setelah itu tutup palet Layer Properties Manager
H Buat
layer baru lagi dengan nama layer “objek”
H Langkah
selanjutnya, buat peralatan rumah seperti meja,kursi,almari dll.Caranya:
Ø klik Menu FileèOpen sehingga
muncul tampilan sebagai berikut ini:
Gambar 2.7
Tampilan Menu File
Ø Muncul Kotak dialog
Select File,kemudian pada kotak look in pilih local Disk C èProgram
FileèOpen
Gambar 2.8
Tampilan Menu Select File
Ø Selanjutnya
pilih folder Autodeskèkemudian double klik AutoCad 2011atau klik èOpen
PilihSampleèkemudian klikDesign CenØ Center.Pilih
salah satu desain peralatan yang akan digunakanèOpen
Ø Pilih peralatan
tersebut sesuai kebutuhan dan atur sehingga tampak seperti gambar berikut ini.
Gambar 2.9 Peralatan pada Lantai 1 dan 2
H Berikutnya,buat
layer baru dengan nama layer “nama ruang”.
H Langkah
selanjutnya membuat teks untuk memberi nama ruangan yang ada pada denah lantai
1 dan 2.Caranya :
` Klik
Tab Menu AnnotateèMultiline Text
` Ketikkan
teks (R.Keluarga, KM/WC, R.Tamu, R.Makan, Dapur, Teras, Garasi, Taman,R.Tidur
Pembantu) dengan jenis huruf “Berlin
Sans FB”,ukuran huruf 30 dengan
warna Cyan.Kemudian Move Tool dan Copy Tool untuk memindah dan menggandakan tulisan untuk lantai 1
dan 2 seperti gambar berikut:
Gambar 2.11Tampilan Lantai 1 dan 2 dengan nama
ruangnya
1. Langkah selanjutnya yaitu membuat
denah rumah dengan tampilan 3D.Caranya :
G Klik
Tab Menu ViewèPilih tampilanSE Isometric untuk menampilkan lembar kerja dengan tampilan 3D.
G
Selanjutnya buat layer baru lagi dengan
nama layer “dinding”.Caranya dengan
ü
Klik tab Menu Homeèpilih Layer
sehingga muncul kotak dialog Layer
Properties Manager
ü
Kemudian klik New Layer (Alt+N) untuk membuat layer baru.Buat layer
baru dengan nama “dinding”
ü Klik Set
Current (Alt+C) ,setelah itu tutup palet Layer Properties Manager
G Klik
Tab Menu
HomeèpilihBox tool,untuk membuat dinding dalam bentuk 3D.
G Kemudian klik pada
dinding yang berbentuk 2 dimensi dan tentukan ketinggiannya 300 cm danketebalannya 10
cm, seperti gambar berikut ini:
Gambar 2.13 Dinding dalam bentuk 3 dimensi
G Ulangi perintah box tool untuk membuat semua dinding yang
terdapat pada denah lantai 1 dan 2 sehingga gambar tampak sebagai berikut:
Gambar 2.13 Dinding dalam bentuk 3 dimensi
Gambar 2.14 Dinding pada lantai 1 dan 2 dalam bentuk
3 dimensi
terima kasih sebeliumnya, sy memang pemula yang sedang mencari tau tata cara menggambar dengan autocad.namun saya hanya punya atcd 2007, apakah berbeda? slm
BalasHapusMmorpg oyunları
BalasHapusinstagram takipçi satın al
Tiktok jeton hilesi
tiktok jeton hilesi
ANTALYA SAÇ EKİMİ
instagram takipçi satın al
takipci satın al
MT2 PVP
Takipçi
smm panel
BalasHapussmm panel
iş ilanları
İnstagram Takipçi Satın Al
hirdavatciburada.com
beyazesyateknikservisi.com.tr
servis
tiktok jeton hilesi